Pages

Sabtu, 07 September 2019

Tak Hanya Ikut Les Gambar, Ini Cara Lain Dukung Bakat Anak


Menggambar memang merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab kegiatan menggambar dapat merangsang fungsi kognitif sekaligus mendukung fungsi motorik dan pengelolaan emosi anak. Si kecil punya hobi menggambar? Selain ikut les anak, dukung minat dan bakat gambar sang buah hati dengan beberapa cara di bawah ini. 

Sediakan Fasilitas yang Memadai 

Hal terpenting pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendukung minat dan bakat si kecil dalam menggambar adalah dengan menyediakan fasilitas yang memadai. Mulai dari kertas gambar, pensil warna, kanvas, kuas, cat air, dan berbagai peralatan penunjang lainnya. 

Namun jika sang buah hati masih berusia di bawah 5 tahun, maka lebih baik berikan perlengkapan gambar pensil warna saja. Mengapa? Sebab pensil warna cenderung lebih mudah digunakan. Jika usia sang buah hati sudah memasuki 5 tahun ke atas, maka Anda bisa mengenalkannya dengan cat air yang bisa diaplikasikan pada kanvas atau kertas. 

Daftarkan Les Gambar

Agar kemampuan gambar sang buah hati semakin terasah, maka pastikan Anda daftarkan si kecil les gambar. Dengan mengikuti les, si kecil tak hanya akan belajar berbagai metode gambar saja, namun juga belajar mengatur waktu untuk bisa menyelesaikan sebuah karya. 

Dalam hal ini sang buah hati akan bertemu dengan berbagai teman baru yang sama-sama memiliki minat dan bakat gambar. Secara tidak langsung, hal ini juga akan memotivasi si kecil untuk terus menekuni bakatnya sekaligus mengajarkan diri sendiri untuk bersosialisasi dengan lingkungan barunya. 

Jelajahi Objek Baru 

Aktivitas menggambar memang tak hanya bisa dilakukan di dalam rumah saja. Anda juga bisa mengajak si kecil menjelajah lingkungan untuk mendapatkan objek baru yang hendak digambar. Selain itu , jangan lupa untuk membawa peralatan menggambar ya. Kemudian minta sang buah hati untuk menggambar apa yang baru saja dia lihat. 

Tak hanya itu saja, dengan mengajak sang buah hati berjalan-jalan hal ini juga akan membantu mengenalkan si kecil pada objek-objek baru yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Secara tidak langsung, hal ini juga akan menambah wawasan si kecil mengenai keberagaman bentuk dan pola. Jadi cobalah sesekali ajak si kecil rekreasi dan menggambar.  

Berikan Apresiasi dan Pujian 

Meski terdengar sepele, namun memberikan pujian karya anak dapat membuat si kecil semakin percaya diri. Memberikan pujian dan apresiasi terhadap karya si kecil merupakan salah satu untuk mengasah bakat anak. Sebab secara tidak langsung sang buah hati akan merasa kerja kerasnya dihargai. Jadi pastikan Anda selalu berikan pujian terhadap hasil karya si kecil. 

Mengasah minat dan bakat menggambar si kecil ternyata tak hanya bisa dilakukan melalui les anak saja, namun juga melalui beberapa hal di atas. Meski terkesan simpel, namun beberapa hal di atas bisa menjadi cara lain untuk mendukung bakat anak. Jangan lupa untuk daftarkan anak kursus menggambar di esda.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar