Pages

Jumat, 10 Januari 2020

Ketahui Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi


Sumber Halodoc.com

Apa yang ada dibenak kamu ketika didiagnosa mengidap penyakit gula darah tinggi? Tentu kamu akan panik dan tidak terbayang bagimana masa depanmu nantinya. Setiap masalah pasti ada solusinya. Begitu juga dengan penyakit, kamu tidak boleh berputus asa. Dokter tentu mempunyai saran kepada penderita cara-cara mengatasi gula darah tinggi. Namun sebelum itu kamu harus mengenali gejala-gejala yang ditimbulkan oleh diabetes melitus 2.

Menurut halodoc.com penyakit gula darah tinggi dapat disebabkan oleh kadar gula dalam darah mengalami peningkatan dari batas normal. Penumpukan gula yang berlebihan akan mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Gula darah yang meningkat disebabkan oleh kadar insulin dalam tubuh yang tidak bisa mengimbangi jumlah gula sehingga banyak gula yang tidak dapat diolah oleh insulin. Peningkatan kadar insulin dapat dilakukan oleh pankreas. Tapi jika pankreas dipaksa bekerja terlalu keras akan mengakibatkan error. Sistem kerja pankreas akan melambat dan akhirnya tidak bisa memenuhi permintaan. 

Semua umur beresiko terserang penyakit diabetes melitus 2. Terapat banyak kasus masyarakat Indonesia mengidap penyakit ini terutama yang berumur 50 tahun keatas. Tapi tidak dapat dipungkiri jika anak-anak dan remaja terhindar dari penyakit diabetes melitus 2. Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi jika sudah parah. Penyakit yang bisa ditimbulkan berupa penyakit jantung, gangguan penglihatan, penyakit hati, dan ginjal. 

Pengobatan yang harus dijalani untuk mengatasi gula darah tinggi menurut klinikdiabetes.com ada beberapa cara seperti :

  • Terapi induksi. Terapi dengan cara meningkatkan elemen biologis untuk memproduksi sel B menghasilkan sel baru. Memperbaiki cara kerja pankreas dengan mengoptimalkan kemampuan pankreas dalam memproduksi hormon penurun gula, menggunakan gula untuk menstabilkan dalam jangka panjang dan memperbaiki jalannya gula darah. 
  • Terapi EMV. Terpai ini menjadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi. Pengobatan dilakukan dengan  menggunakan medan elektromagnetik dan lampu merah nano. Terapi lampu merah nano akan menimbulkan efek pelembutan pada pembuluh darah, ablasi plak lemak pada dinding pembuluh darah, menormalkan aliran darah, memperbaiki kerusakan yang terjadi pada saraf dan sel jaringan, melenyapkan olklusi vaskular, dan mengatsi komplikasi. 
  • Meminum obat yang sesuai untuk penderita diabetes. Resep obat yang didapatkan harus di cermati sesuai atau tidak dengan kebutuhan. Jika salah hanya akan menyebabkan penurunan gula darah dibawah batas normal dan menimbulkan penyakit lain. 
  • Imunterapi. Imun terapi berguna untuk membunuh bakteri yang menyerang tubuh dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh, menahan perkembangan virus dalam tubuh dan menyembuhkan peradangan. 
  • Penggunaan obat alami juga dapat dilakukan. Manfaatnya yaitu menutrisi sel saraf dalam tubuh dan memperbaiki sel saraf yang rusak, dan mengobati persepsi tarnsmisi neurotransmisi dan pengembalian informasi. 
Selain menempuh jalan medis, dilansir dari sehatq.com ada juga cara mengatasi masalah penyakit gula darah tinggi yaitu :

  1. Memperbanyak konsumsi serat. Kandungan serat dalam tubuh dapat memperlambat penyerapan karbohidrat di dalam tubuh. Jenis-jenis makanan yang kaya akan serat berupa buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum. 
  2. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cairan tubuh yang seimbang di dalam tubuh membantu ginjal dalam mengendalikan kadar gula. Cairan akan membawa gula keluar dari dalam tubuh melalui urin. 
  3. Mengontrol gula darah yang masuk ke dalam tubuh. Perlu dikatahui kadar guladarah yang diperlukan tubuh adalah sebanyak 200mg/dl. Jika lebih dari itu maka akan terjadi penumpukan gula. Jadi bagi penderita diabetes selalu kontrol gula darah dalam tubuh. 
  4. Olahraga secara teratur. Olahraga akan meningkatkan hormon insulin dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat menyerap kadar gula dengan optimal dengan meningkatnya jumlah hormon insulin.  

0 komentar:

Posting Komentar