Pages

Senin, 21 September 2020

5 Tips Memilih Jasa Kirim Ekspor yang Terpercaya


Sistem pengiriman barang di Indonesia sudah dirasa cukup kompleks. Apalagi Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki kurang lebih 17 ribu pulau dan merupakan salah satu negara paling luas di dunia. Begitu pula pertumbuhan signifikan pada perkembangan bisnis online dimana akan membutuhkan jasa pengiriman dengan jangkauan yang lebih luas, termasuk pengiriman ke luar negeri melalui jasa ekspor.

Memilih Jasa Pengiriman

Jika Anda ingin melakukan pengiriman barang ke luar negeri, sebaiknya Anda memastikan bahwa jasa pengiriman yang Anda pilih merupakan jasa yang kredibel. Agar tak salah memilih, berikut tips-tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pilihlah Jasa pengiriman yang berpengalaman 

Sebelum Anda melakukan pengiriman barang dan memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa pengiriman, sebaiknya Anda memperhatikan trade record dari jam terbangnya. 

Jika Anda mendapat rekomendasi tentang jasa kirim kirim luar negeri dengan jam terbang selama dua tahun, maka jasa tersebut bisa Anda jadikan pilihan. Semakin lama suatu jasa beroperasi, setidaknya ini membuktikan bahwa jasa tersebut merupakan jasa yang kredibel.

2. Pastikanlah Jasa pengiriman memiliki surat izin 

Dari tahun ke tahun, akan semakin banyak yang menawarkan berbagai jasa kirim dengan harga yang relatif murah. Pastikan jasa kirim yang Anda pilih telah mengantongi surat izin dari pihak terkait sehubungan dengan ekspedisi atau pengiriman ke luar negeri. Hal ini mengingat nantinya paket kiriman Anda akan dikirim ke luar negeri, yang tentu saja membutuhkan prosedur yang berbeda dibandingkan ketika Anda mengirim paket ke suatu kota di dalam negeri.

Adanya surat izin tersebut akan mempermudah proses pengiriman barang sehingga paket Anda bisa sampai ke tujuan tepat waktu.

3. Layanan 24 jam

Karena belum terbiasa melakukan pengiriman ke luar negeri, bisa jadi Anda akan diliputi rasa khawatir dan bingung apakah nantinya paket Anda akan dikirim dengan aman dan sampai ke penerima dalam kondisi aman pula. Guna mengatasi rasa khawatir itu, Anda bisa bertanya kepada customer service perihal progress pengiriman paket Anda.

Oleh karena itu, pilihlah layanan jasa kirim ekspor yang menyediakan layanan customer service 24 jam.

4. Estimasi yang cepat

Salah satu tips sebelum menentukan jasa pengiriman yakni Anda dapat melihat estimasi pengiriman yang cepat. Perhatikanlah perbandingan antar jasa pengiriman sebelum memutuskan untuk menggunakannya dengan cara mengecek estimasi pengiriman yang ditawarkan. Jasa pengiriman yang sudah kompeten biasanya menawarkan pengiriman barang dengan waktu yang lebih cepat. 

5. Pilihlah Jasa pengiriman yang menawarkan garansi

Mengirimkan barang ke luar negeri memiliki beberapa resiko yang kemungkinan dapat terjadi. Dengan adanya sistem garansi tentu akan membantu mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan pada barang. 

Apabila suatu jasa kirim luar negeri menawarkan garansi, maka Anda tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan barang Anda, sebab pihak pengiriman jasa akan mengganti barang yang telah rusak atau hilang atas dasar keteledoran pihak jasa pengiriman.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan saat memilih jasa kirim luar negeri. Banyaknya jasa pengiriman yang ada memang menuntut Anda untuk lebih cermat memilih agar jasa yang dipilih benar-benar memberikan pelayanan terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar