Pages

Jumat, 30 Oktober 2020

4 Cara Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Ketika Anda mengalami keadaan dimana tekanan darah normal melonjak tinggi, maka yang harus dilakukan adalah berusaha menurunkannya hingga ke taraf normal. Berbagai cara bisa dilakukan, paling cepat adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Namun, tidak selalu aman mengonsumsi obat-obatan. Terkadang malah justru bisa membahayakan. Paling baik adalah menurunkan tekanan darah dengan cara berfokus pada penyebabnya. Asupan yang paling berperan menyebabkan melonjaknya tekanan darah adalah natrium dan garam serta berbagai penyebab lainnya.

Cara Menurunkan Tekanan Darah

Memulai gaya hidup sehat merupakan cara ampuh menurunkan tekanan darah dan menangani masalah hipertensi. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk memastikan darah Anda kembali ke tekanan normal, mari simak beberapa cara berikut:

1. Kurangi Konsumsi Garam

Telah dikatakan sebelumnya bahwa konsumsi natrium atau garam yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Oleh sebab itu, mengurangi asupan garam dapat membantu menormalkan tekanan darah Anda.

Jika selama ini Anda banyak menggunakan garam atau MSG dalam bumbu masakan, bisa mulai mengubahnya dengan mengurangi penggunaan atau mengganti merek dengan yang berkadar lebih rendah. Lebih banyak menggunakan penyedap alami seperti bawang, jahe, lemon, merica, dan lainnya juga sangat membantu.

2. Kurangi Asupan Kafein

Kafein nyatanya juga bisa mempengaruhi tekanan darah normal menjadi naik walaupun tidak signifikan. Masih banyak orang yang menganggap tak masalah mengonsumsi kafein, tapi jika memang bisa sebaiknya dikurangi.

Apabila tekanan darah sedang tinggi sebaiknya jangan mengonsumsi kafein. Konsumsi teh hijau, infused water, rebusan rempah, dan minuman sehat lain akan lebih bermanfaat bagi tubuh.

3. Kurangi Asupan Alkohol

Tak bisa dipungkiri apabila alkohol punya peran penting mengubah kondisi tekanan darah yang normal menjadi tinggi. Konsumsi yang berlebihan dapat membuat kondisi tekanan darah naik seketika. Jika sudah memiliki risiko hipertensi, maka harus hati-hati saat mengonsumsi alkohol.

Efektivitas obat hipertensi dapat rusak apabila Anda mengonsumsi alkohol. Meminum terlalu banyak alkohol juga bisa menyebabkan serangan jantung dan merusak organ dalam tubuh Anda.

4. Melakukan Diet Sehat

Dalam menurunkan tekanan darah jalan paling baik adalah dengan mengatur pola makan. Bukan hanya mengurangi konsumsi garam, kafein, dan alkohol saja, tapi juga mengatur makanan yang dikonsumsi menjadi makanan sehat.

Perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi dan cara pengolahan makanan. Pilih bahan segar dan hindari makanan yang digoreng, sebaiknya olah masakan dengan cara direbus atau panggang sehingga lebih sehat juga ganti ke bumbu alami. Namun, pastikan rasanya tetap enak di lidah sehingga tidak membuat Anda ingin mengonsumsi makanan lainnya. 

Hal yang paling penting dalam menurunkan tekanan darah adalah niat dan tindakan Anda. Sebab, sehat harus berasal dari dalam diri bukan dipaksakan orang lain. Apabila ingin tekanan darah normal Anda harus mengusahakannya mulai dari diri sendiri dan dibantu oleh orang-orang terdekat.

0 komentar:

Posting Komentar