Pages

Senin, 14 Desember 2020

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Software Akuntansi


Aplikasi akuntansi pada masa sekarang ini telah menjadi salah satu inovasi terbaik dalam bisnis. Dimana software ini bisa berguna untuk mengatur serta mengelola setiap kebutuhan akuntansi dalam perusahaan, yang termasuk laporan keuangan dan perhitungan pajak. Oleh karena itu berikut beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih software akuntansi.

Pertimbangan Dalam Memilih Aplikasi Akuntansi

1. Memahami Fitur Dasar dari Software

Setiap aplikasi akuntansi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan jasa, memiliki fitur yang berbeda beda. Fitur ini perlu anda pahami, karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis yang anda jalankan. Jadi nantinya anda bisa mendapatkan aplikasi akuntansi yang memang benar benar cocok untuk usaha yang tengah anda geluti.

Berbagai fitur yang umumnya ada di dalam sebuah aplikasi akuntansi sendiri yaitu laporan keuangan (harian dan penutupan buku), laporan setiap transaksi yang terjadi, perhitungan hutang piutang, dan pembuatan faktur. Jika anda membutuhkan fitur lainnya, maka bisa disesuaikan dengan fitur yang ditawarkan oleh perusahaan jasa yang bersangkutan.

2. Memiliki Customer Support yang Handal

Customer support yang handal juga menjadi hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih suatu software akuntansi untuk bisnis. Pasalnya tidak semua software dapat memiliki customer support yang mampu mengatasi berbagai permasalahan pelanggan. Anda tentu tidak mau nantinya harus menunggu lama jika terjadi masalah pada aplikasi tersebut.

Dengan memilih customer support yang baik dan handal, maka anda pun bisa langsung menanyakan solusi perihal masalah yang dihadapi pada software, tanpa perlu menunggu dalam waktu yang lama. Kinerja dari customer support ini bisa anda perhatikan ketika anda berkonsultasi mengenai aplikasi akuntansi tersebut.

3.  Pastikan Keamanan Data

data pada perusahaan merupakan salah satu hal yang sangat penting, dimana data tersebut harus dipastikan tidak boleh bocor atau jatuh ke tangan yang salah. Oleh sebab itu dalam memilih aplikasi akuntansi, tentu keamanan data menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan.

Dalam memilih suatu accounting software, anda harus memeriksa mengenai review atau ulasan dari pengguna yang lain. Apabila kebanyakan pengguna menyatakan bagus, maka anda bisa mulai mencoba dan mempercayai software tersebut. Hal ini bisa anda pastikan dengan berkunjung dan memeriksa testimonial website software yang bersangkutan.

4. Sesuai dengan Budget dan Skala Usaha

Faktor anggaran dana adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih software akuntansi, karena produk aplikasi akuntansi ini memiliki harga yang beragam tergantung pada fitur serta penggunaannya. Jadi menyesuaikan dengan bentuk usaha juga menjadi pertimbangan yang cukup penting. Sehingga software dapat digunakan dengan seefektif mungkin.

Setiap accounting software memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Namun dengan berbagai pertimbangan, anda bisa memilih yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pada Soltius Indonesia, terdapat berbagai fitur yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Soltius juga telah berpengalaman dalam melayani berbagai perusahaan. 

0 komentar:

Posting Komentar