Pages

Senin, 21 Desember 2020

Ingin Liburan Kala Pandemi Covid-19 dari dan ke Jakarta Harus Rapid Tes Antigen


Pemerintah mewajibkan rapid tes antigen bagi masyarakat yang datang ke Bali dan Jakarta mulai 18 Desember 2020.

Rapid test antigen untuk tujuan wilayah tersebut harus dilakukan H-2 atau 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Memangnya, apa itu rapid test antigen dan mengapa perlu dilakukan?

Rapid test sendiri biasanya digunakan untuk skrining awal Covid-19. Dari namanya, 'rapid', hasil tes bisa diketahui dalam waktu singkat. Paling lama Anda hanya perlu menunggu selama 1 jam.

Mengutip dari SehatQ, rapid test sendiri ada dua, yakni rapid test antigen dan rapid test antibodi. Rapid test antigen inilah yang akan digunakan sebagai syarat perjalanan ke Bali dan Jakarta.

Swab Antigen dan Rapid Test Antigen adalah Tes yang Sama

Rapid test antigen dan swab antigen adalah jenis tes yang sama. Disebut rapid test antigen, karena tes untuk mendeteksi virus corona tersebut dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit.

Sementara yang lain menyebutnya dengan swab antigen, karena tes tersebut dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan.

Namun, baik rapid test antigen maupun swab antigen adalah jenis tes antigen yang sama yang dirancang untuk mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh

Apa Itu Antigen? Mengenal Rapid Test Antigen

Tes antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini.

Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV).

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk tes antigen sebagai tes untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Tes antigen juga relatif murah dan dapat digunakan di tempat-tempat perawatan. Alat yang sudah diotorisasi ini juga dapat memberikan hasil diagnosis dalam waktu sekitar 15 menit.

Namun, rapid test antigen umumnya kurang akurat dibandingkan tes virus yang mendeteksi asam nukleat dengan menggunakan polymerase chain reaction (PCR) atau disebut juga tes PCR.

Meski begitu, rapid test antigen atau disebut dengan swab antigen membantu menyaring orang-orang untuk mengidentifikasi mereka yang membutuhkan tes yang lebih pasti.

Lokasi dan Promo Rapid Test Antigen via SehatQ

SehatQ adalah portal kesehatan yang memberikan ragam manfaat bagi para pengguna. Anda bisa mendapatkan penawaran menarik seputar rapid test antigen di ragam lokasi di kota kota besar di Indonesia.

Penawaran harga Rapid Swab Test Antigen COVID-19 seharga Rp249.000,- dari Klinik SehatQ hadir di titik lokasi berikut :

  • Klinik SehatQ Karawaci
  • Klinik SehatQ | ITC Kuningan
  • Klinik SehatQ | ITC BSD
  • Klinik SehatQ | ITC Roxy

Tidak hanya itu, promo kesehatan di SehatQ juga memberikan layanan konsultasi gratis tanya jawab dengan dokter. Semua tersedia dalam sebuah layanan, termasuk jika Anda membutuhkan suplemen dan obat di toko sehatQ.

0 komentar:

Posting Komentar