Pages

Jumat, 25 Juni 2021

Kalkulator BMI SehatQ dan Penyakit yang Mengintai


Bagaimana cara Anda mengecek apakah berat tubuh Anda berlebihan atau tidak? Mengecek di timbangan biasa hanya akan membuat Anda mengetahui berat badan tanpa bisa memastikan kategori keidealannya. Cara memastikannya sendiri bisa dengan menggunakan kalkulator BMI (body mass index) yang salah satunya tersedia di aplikasi SehatQ.

Anda hanya perlu memasukkan berat badan dan tinggi badan Anda saat ini. Kalkulator BMI SehatQ nantinya akan menghitung kadar BMI Anda dan memasukkannya ke dalam 5 kategori. Ada kategori underweight, normal, overweight, obese I, dan obese II.

Berhati-hatilah apabila hasil kalkulator BMI Anda menunjukkan kategori overweigt atau sudah mengarah ke obesitas. Pasalnya, beberapa penyakit serius di bawah ini sangat berhubungan dengan masalah berat badan yang berlebihan.

Sleep Apnea                                                                              

Sleep apnea merupakan kondisi masalah pernapasan yang terkait dengan kelebihan berat badan. Sleep apena dapat dapat menyebabkan seseorang mendengkur keras dan berhenti bernapas sebentar saat tidur. Gangguan tidur ini juga dapat menyebabkan kantuk di siang hari.

Penyakit Jantung Koroner

Berat badan berlebih cenderung memiliki kadar lemak yang tinggi pula. Alhasil, kemungkinan munculnya plak pada aliran darah lebih besar terjadi. Banyaknya plak pada pembuluh darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner apabila terjadi di saluran yang menuju organ jantung. Karena itulah, penting mengukur indeksi BMI Anda lewat kalkulator BMI SehatQ guna meminimalkan risiko terkena serangan jantung dari penyakit jantung koroner.

Stroke                                                                                                          

Berat badan ekstra membuat Anda lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kedua kondisi tersebut membuat serangan stroke lebih mungkin terjadi. Kabar baiknya, menurunkan sedikit berat badan dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit stroke karena aliran darah yang menjadi lebih lancar akibat terkanan darah menurun dan kadar kolesterol berkurang.

Diabetes Tipe 2                                                                                                  

Hati-hatilah apabila dalam beberapa kali pengecekan, hasil kalkulator BMI SehatQ untuk tubuh Anda menunjukkan kategori overweight ataupun obese. Pasalnnya, kebanyakan orang yang menderita diabetes tipe 2 adalah orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit metabolic ini dengan menurunkan berat badan. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, menurunkan berat badan dan menjadi lebih aktif secara fisik dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Menjadi lebih aktif juga dapat mengurangi kebutuhan Anda akan pengobatan diabetes.

Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Itu terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah Anda. Asam urat lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Semakin berat Anda, semakin besar kemungkinan Anda terkena serangan asam urat. Dalam jangka pendek, perubahan berat badan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

Osteoartritis

Osteoartritis adalah kondisi sendi umum yang paling sering menyerang lutut, pinggul, atau punggung. Orang-orang dengan hasil kalkulator BMI overweigt ataupun obese cenderung lebih mudah mengalami penyakit ini. Alasannya, Membawa berat badan ekstra memberi tekanan ekstra pada sendi ini dan mengikis tulang rawan yang biasanya melindungi persendian.

Kanker

Kanker usus besar, kanker payudara endometrium (lapisan rahim), kanker ginjal, dan kanker kerongkongan ternyata bisa mudah terpicu dari kondisi obesitas. Beberapa penelitian juga melaporkan,  ada hubungan yang cukup erat antara obesitas dan kanker kandung empedu, ovarium, dan pankreas.

Hitunglah angka BMI Anda secara teratur menggunakan kalkulator BMI di SehatQ. Jika terdapat angka yang mengarah pada obesitas, Anda bisa segera melakukan sejumlah langkah tes kesehatan untuk membuat berat badan ideal dan terhindar dari beragam penyakit serius.

0 komentar:

Posting Komentar