Pages

Senin, 16 Agustus 2021

Tips Memilih Jaket Gunung Untuk Perlindungan yang Baik


Jaket gunung adalah salah satu elemen terpenting dari peralatan pendakian gunung. Jaket akan melindungi tubuh dari udara yang dingin dan angin yang berhembus kencang di atas gunung. Jaket gunung harus dipilih dengan cermat dan tepat untuk penggunaan jangka panjang dalam kondisi yang sesuai.

Memilih Jaket Gunung yang Tepat

1. Bahan

Memperhatikan bahan juga sangat penting karena memungkinkan jaket melindungi tubuh dari angin namun juga mengeluarkan panas dari tubuh. Ada jaket gunung dengan bahan yang hangat saat dipakai di siang hari sehingga akan lebih panas. Ada juga jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa furing sehingga bagian dalam tidak terlalu panas dan bahan luarnya biasanya poliester.

Banyak jaket saat ini menggunakan teknologi seperti Gore-Tex, sebuah teknologi yang menghasilkan lapisan kedap udara dan anti air namun tetap memiliki sirkulasi udara yang baik. Tidak disarankan untuk mengenakan jaket wol  selama musim hujan karena membutuhkan waktu yang lama hingga mengering. 

2. Ukuran

Ukuran jaket gunung sebaiknya sedikit lebih lebar dari tubuh kita namun tetap tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Intinya adalah, terlepas dari tingkat kebebasan bergerak, jaket yang sedikit lebih besar dari kita dapat dilapisi dengan mantel wol lain untuk menambah kehangatan. Jaket berukuran yang terlalu pas dengan tubuh tidak memungkinkan sirkulasi udara yang baik.  

3. Kemampuan Terhadap Air, Angin dan Suhu di Dalam Jaket.

Mungkin bahan yang windproof dan waterproof sudah ada pada jaket gunung namun kemampuan breathability juga harus diperhatikan. Ini membuat jaket mampu membantu mengalirkan udara panas dari tubuh keluar. Sebaiknya pilih jaket yang memiliki kemampuan breathability, windproof, dan waterproof dengan baik. 

4. Velcro (perekat)

Jaket gunung dilengkapi dengan perekat yang dapat menempel secara merata dan kuat pada area yang tidak rata. resleting bagian depan jaket dengan penutup velcro dirancang  untuk mencegah air dan udara masuk langsung di antara ritsleting.

5. Resleting

Resleting jaket biasanya hanya 1 saja namun ada juga penutup yang menggabungkan dua ritsleting untuk menambah kekuatan jaket. Pilih jaket gunung dengan resleting YKK, dengan tepi resleting terbaca dengan jelas. Produk resleting merk YKK terbaik, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Juga, pastikan jaket gunung yang Anda cari memiliki resleting berventilasi untuk mencegah panas berlebih.

6. Pengencang Pinggang

Setiap orang tentu memiliki bentuk tubuh yang berbeda terlebih lagi terkadang kita mengenakan pakaian berlapis-lapis di bagian dalam. jika Anda memilih jaket gunung dengan pengencang pinggang, akan lebih mudah untuk bergerak jika Anda mengenakan jaket gunung.

7. Saku

Pilih jaket gunung dengan saku yang tidak terlalu ramai. Semakin banyak jahitannya, semakin besar kemungkinan sweter akan aus oleh angin atau air. Pilih jaket gunung dengan maksimal hingga dua saku di sisi perut Anda. saku ini berguna untuk memasukkan tangan dalam saku saat udara dingin. Bisa juga memilih jaket dengan tambahan saku tersembunyi di bagian dalam jaket. 

8. Perekat Pergelangan Tangan

Sebagian jaket gunung telah memiliki perekat pada pergelangan tangan sehingga jaket tetap pada posisinya saat mendaki gunung dan bisa memberikan kehangatan yang lebih baik dari angin gunung. Ini memudahkan pengaturan apalagi ketika mengenakan kaos tangan. 

Anda bisa melihat koleksi produk jaket gunung dari berbagai merek melalui Blibli.com. ada banyak pilihan merek dan desain yang lengkap dan pastinya 100% asli dari bahan yang berkualitas. Anda bisa memanfaatkan promo yang diberikan oleh Blibli untuk mendapatkan jaket dengan harga terjangkau. 

0 komentar:

Posting Komentar