Pages

Jumat, 03 September 2021

Frase atau Istilah Permainan Catur


Olahraga yang tidak menguras fisik adalah permainan catur, jenis permainan ini menitik beratkan pada strategi dan daya konsentrasi untuk bisa memenangkannya. Dengan demikian pergerakan dari lawan mampu untuk dibaca dan bisa mengalahkannya. Pada dasarnya, game satu ini biasa dimainkan oleh dua orang atau bisa lebih.

Untuk memainkannya ada satu papan meja yang terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih dengan jumlah kotak warna sebanyak 64. Lalu, buahnya sendiri ada 8 pion, 2 kuda, 2 benteng, 2 gajah, 1 menteri, dan 1 raja. Nah, apabila Anda tertarik dan pertama kali memainkannya perlu memahami beberapa istilah-istilah permainan catur, untuk permudah dalam bermain.  

Istilah Permainan Catur

1. Fork 

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah garpu, dalam catur ini salah satu strategi untuk mengancam lawan. Biasa juga dikenal sebagai trik garpuan, prosesnya untuk melakukan tahapan ini Anda lakukan dengan buah catur dengan menggunakan langkah kuda. Dengan melakukan strategi ini ampuh untuk mengancam dua buah lawan. 

Untuk lebih bisa memahaminya, fork bisa Anda lihat dari beberapa game yang ada pada Youtube atau bisa bermain secara online untuk permudah dalam mengenalnya. 

2. Double Attack 

Kondisi dimana Anda akan menyerang raja dari lawan dengan dua bidak sekaligus, apabila Anda mampu untuk melihat peluang dan bisa memanfaatkannya, maka kemenangan bisa langsung didapatkan secara mudah. Karena, langkah ini sangat minim untuk bisa dipertahankan dan permainan akan berakhir dengan cepat. 

Tapi, untuk mendapatkan momentum tersebut tidak mudah dan butuh konsentrasi serta lawan yang dihadapi. Jika Anda bisa membaca permainan dengan cepat, tentunya tahapan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

3. En Passant 

Istilah ini sebenarnya sering menjadi perdebatan diantara para pemain, karena ada beberapa aturan khusus yang menguatkannya. En passant sendiri berasal dari bahasa Perancis yang bermakna langkah spesial yang dilakukan oleh dua pion. Dalam beberapa aturan yang tertulis terkait en passant ini sah atau tidaknya tergantung dari kesepakatan yang ada. 

Untuk itu apabila bidak musuh dalam berada dua langkah pada posisi awal, maka boleh untuk dimakan. Tapi, apabila Anda langsung memakan bidak lawan pada langkah yang kedua, maka en passant tidak akan sah. Proses untuk memakannya pun harus menyerong dan tidak bisa dengan langkah berbeda. 

4. Skak 

Apabila Anda menyerang raja lawan itu dikenal sebagai skak, jika ingin melakukannya tersebut Anda bisa menggunakan beberapa bidak yang ada, baik itu satu bidak atau lebih. Namun, jika lawan langsung mengutarakan skak, tentunya Anda harus mengamankan posisi raja dengan segala cara agar permainan tetap berlangsung. 

Strateginya Anda bisa mencari dan memindahkan raja pada kotak yang kosong atau menghalangi langkah lawan dengan bidak yang lain. 

5. Skak Mat 

Hal ini posisi raja dalam permainan tidak dapat lagi bergerak atau terkepung, apabila Anda dalam posisi tersebut game berakhir. 

6. Remis

Dalam permainan ini untuk mengatakan keduanya seri atau imbang itu dikenal dengan sebutan remis. Artinya setiap pemain yang beradu tidak ada menang atau kalah, menentukan kemenangan bisa tanding ulang sampai akan ada skak mat. 

Bagaimana tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai permainan catur? Mungkin beberapa istilah di atas dapat mewakilkan Anda untuk perlahan mengenalnya. Jika ingin lebih lanjut memahaminya, mungkin Anda bisa mendapatkan papan permainan di marketplace blibli.com 

0 komentar:

Posting Komentar