Pages

Senin, 06 September 2021

Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat


Sikat gigi memang sangat penting untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan sehingga tidak menimbulkan plak dan dapat membantu mencegah gigi berlubang. Namun sekarang ini memang sudah banyak merek dan variasi sikat gigi yang dijual bebas di pasaran. Tentu saja hal ini seringkali membuat orang kebingungan.

Cara Memilih Sikat Gigi

Pasalnya, pemilihan sikat gigi tidak boleh sembarangan karena proses membersihkan gigi bisa menjadi lebih optimal. Pembentukan karang gigi juga bisa dicegah dengan pembersihan gigi yang tepat. Lalu, bagaimana cara memilih jenis sikat gigi yang tepat?

1. Tekstur bulu sikat gigi

Saat memilih produk sikat gigi, kata-kata hard, medium, dan soft akan ditandai pada kemasannya. Istilah ini mengacu pada tekstur bulu sikat gigi dari produk terkait serta kemampuan bulu sikat untuk membersihkan gigi. Faktanya, pemilihan bulu sikat yang tidak tepat ternyata bisa menyakiti gusi, apalagi jika digunakan secara tidak tepat.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih sikat gigi medium atau soft daripada yang hard karena gigi yang ada di akar sensitif dan ada risiko karies. Sikat gigi dengan tekstur medium cocok untuk orang dengan gusi yang sehat dan tidak mengalami pendarahan sedangkan jenis soft cocok untuk orang dengan gusi yang sering berdarah saat sikat gigi atau gigi sensitif.

2. Ujung Kepala Sikat Gigi

Sikat gigi yang baik harus memiliki ukuran kepala sikat yang sesuai dengan bentuk dan ukuran serta kondisi mulut Anda. Namun, kepala sikat gigi yang kecil lebih sempurna tidak hanya dalam ukuran, tetapi juga dalam bentuk dan kemampuan kepala sikat dalam menjangkau ujung gigi bagian belakang yang sering terlewatkan saat menyikat gigi.

Seperti yang Anda lihat, penampang kepala bulunya ada yang berbentuk oval, dengan bagian tengah yang membulat atau bagian tepi ujung yang mengecil. Orang dengan memiliki mulut yang dapat terbuka besar dan lebar lebih bebas dalam memilih sikat gigi favoritnya.

Namun, jika Anda memiliki rongga mulut yang sempit dan gigi yang penuh dan rapat, disarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan ujung yang sempit. Gunakan sikat gigi ini untuk menyikat sampai ke ujung gigi paling belakang. Sikat gigi berukuran kecil juga cocok digunakan untuk menyikat gigi yang kurang rapi. 

3. Pegangan Sikat Gigi (handle)

Selain kepala sikat gigi, Anda juga perlu memperhatikan pegangan atau gagang sikat gigi. Memang sebenarnya pemilihan gagang sikat gigi tidak terlalu signifikan namun disarankan untuk memilih handle sikat gigi yang kesat sehingga tidak licin saat digenggam dan juga lebih nyaman saat mengikuti gerakan menyikat gigi. 

4. Sikat Gigi Elektrik atau Manual

Sikat gigi elektrik sebenarnya jika dibandingkan dengan sikat gigi manual untuk menyikat gigi tidak terlalu berbeda jauh. Namun bagi sebagian orang, sikat gigi elektrik adalah pilihan terbaik. Lansia, penyandang disabilitas dan anak-anak dengan disabilitas perkembangan yang perlu dibantu saat menyikat gigi karena gerakan tangan yang terbatas.

Sikat gigi elektrik mungkin juga lebih menarik bagi sebagian karena udah digunakan dan menyenangkan. Baik Anda memilih sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual, pilih jenis sikat gigi yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Baik itu sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual, Anda bisa membelinya di toko terdekat di rumah Anda. namun jika ingin harga yang lebih terjangkau, Anda bisa berbelanja dengan mudah di Blibli.com tanpa harus keluar rumah. Pastinya Anda juga akan mendapatkan promo menarik yang menguntungkan.

0 komentar:

Posting Komentar